PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGUASAAN MATERI DAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL SMA ARJUNA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2010/2011

0713031007, LIWARNI EDADARI (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGUASAAN MATERI DAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL SMA ARJUNA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENDAHULUAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lll.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
bab !V baru.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (820Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V....pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover and daftar pustaka.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR IS1.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (53Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan atau pencapaian belajar ditandai dengan adanya prestasi belajar. Apabila dalam proses belajar siswa mendapatkan prestasi belajar yang kurang baik maka pembelajaran belum berhasil. Dan prestasi belajar dijadikan tolak ukur bagi guru untuk mengetahui mutu pendidikan dan meningkatkannya. Prestasi belajar sangat penting sebagai indikator keberhasilan baik bagi seorang guru mapun siswa. Namun untuk memperoleh semua itu tidak mudah karena mengingat adanya perbedaan setiap individu. Dengan perbedaan itu maka menyebabkan prestasi belajar yang berbeda pula yaitu prestasinya ada yang tergolong tinggi, sedang dan rendah. Prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Arjuna Bandar Lampung tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai semester dari 48 siswa kelas XII IPS yang memperoleh nilai diatas 63 hanya mencapai 9 siswa (18,75%). Faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar ekonomi tersebut antara lain pengaruh persepsi siswa tentang penguasaan materi dan variasi mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penguasaan materi dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelasa XII IPS semester ganjil SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 48 orang, dengan menggunakan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 42 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling. Pengujian untuk hipotesis 1dan 2 menggunakan uji t dan hipotesis 3 menggunakan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh persepsi siswa tentang penguasaan materi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Arjuna Bandarlampung Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung > t tabel 3,402 > 2,021 yang berati prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang penguasaan materi 2. Ada pengaruh variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Arjuna Bandarlampung Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung yang berati prestasi belajar dipengaruhi oleh variasi mengajar guru > t tabel 3. Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penguasaan 3,967 > 2,021 materi pelajaran dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Arjuna Bandarlampung Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukka dengan uji F yang menunjukkan bahwa F hitung > F tabel yaitu 12,631 > 3,238, yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi sista tentang penguasaan materi dan variasi mengajar guru

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:01
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 02:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14509

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir