0813053043, Mega Rina Wati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 BHAKTI NEGARA WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (367Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (292Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (522Kb) |
||
|
File PDF
cover.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (3962b) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (105Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Bhakti Negara. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hanya 10 siswa (28,58%) dari jumlah keseluruhan 35 siswa dan nilai rata-rata kelasnya rendah yaitu 47,7. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode inquiry. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode inquiry pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata persentase 56,56%, siklus II kualifikasi aktif dengan rata-rata persentase 65,8%, dan pada siklus III menjadi sangat aktif dengan rata-rata persentase 81,64%. Pada hasil belajar siswa, siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 60,00% dengan nilai rata-rata 52,22, siklus II menjadi 85,71% dengan kualifikasi sangat tinggi dan nilai rata-rata 60,14 dengan kualifikasi tinggi, dan pada siklus III meningkat menjadi 88,57% dengan nilai rata-rata 70,94 dengan kualifikasi tinggi. Pada kinerja guru siklus I rata-rata parsentase 59,45 % dengan kualifikasi cukup, siklus II rata-rata persentase 72,42% dengan kualifikasi aktif, dan siklus III rata-rata persentase 84,32% dengan kualifikasi sangat aktif. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Bhakti Negara Way Kanan Tahun 2011/2012. Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar matematika, metode inquiry.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:07 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14614 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |