0813053064, Yeni Winaranti PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CO OP-CO OP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V A SD NEGERI 04 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (399Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (668Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (639Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (511Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (292Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V A SD Negeri 04 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 04 Metro Utara dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Co op-Co op. Metodologi penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dan masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes dengan teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Co op-Co op dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dan rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya. Persentase aktivitas siswa pada siklus I 56,24%, siklus II menjadi 70,83%, dan siklus III menjadi 83,33% dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,59% dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 12,50%. Sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (56,76), siklus II (65,80), dan siklus III (78,80) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,04 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 13,00. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dari siklus I, II, dan III dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Co op-Co op dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 04 Metro Utara. Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Co op-Co op, aktivitas belajar siswa, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:05 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14624 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |