GAYA BAHASA REKLAME SURAT KABAR DI LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

0543041038, Oktarina Kuntari (2011) GAYA BAHASA REKLAME SURAT KABAR DI LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER OCHA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
New BAB I OCha.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
New BAB II OCha.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
New BAB IiI OCha.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
New BAB IV OCha.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (117Kb)
[img]
Preview
File PDF
New BAB V OCha.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa reklame Surat Kabar Radar Lampung, Lampung Post dan Tribun Lampung dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis teks. Teknik tersebut merupakan teknik yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan gaya bahasa pada reklame Surat Kabar di Lampung yang meliputi Radar Lampung, Lampung Post dan Tribun Lampung yang dianalisis berdasarkan gaya bahasa pertentangan. Teks reklame yang termuat dalam Surat Kabar Radar Lampung, Lampung Post dan Tribun Lampung banyak menggunakan gaya bahasa pertentangan yaitu gaya bahasa klimaks, gaya bahasa antiklimaks, gaya bahasa paronomasia dan gaya bahasa hiperbola. Gaya bahasa pada Surat Kabar Radar Lampung, Lampung Post dan Tribun Lampung cocok dijadikan sebagai bahan analisis siswa karena dengan menganalisis gaya bahasa yang terdapat dalam reklame harian dilampung siswa dapat mengetahui gaya bahasa apa saja yg sering digunakan dalam setiap reklame tersebut dan secara tidak langsung siswa dapat mengetahui macammacam gaya bahasa. Gaya bahasa reklame Surat Kabar Radar Lampung, Lampung Post dan Tribun Lampung sudah dapat dikatakan baik. Hal itu disebabkan oleh adanya kesesuaian antara makna sebenarnya yang hendak disampaikan penulis dengan konteks yang mendukungnya sehingga interpretasi pembaca sesuai dengan maksud penulis. Akan tetapi masih ada beberapa dari reklame yang terlalu menyamarkan makna sebenarnya yang pada akhirnya citra produk yang hendak disampaikan penulis sulit ditangkap oleh pembaca sehingga timbul interpretasi yang berlainan. Implikasi gaya bahasa reklame Surat Kabar Radar Lampung, Lampung Post dan Tribun Lampung dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA cukup mempengaruhi kegiatan belajar mengajar, sebab gaya bahasa pada reklame harian di sekitar lingkungan siswa dapat dijadikan sebagai sumber atau bahan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:13
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 02:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14663

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir