1013069012, ASWIDA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKABUMI. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (62Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR pustaka.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan 2.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (5Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran yang berhasil ditujukan oleh tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai yang diperoleh siswa sudah mencapai standar ketuntasan minimal. Maka siswa dianggap sudah menguasai materi pelajaran dengan baik. Namun bila nilai yang di peroleh siswa masih belum mencapai standar ketuntasan minimal maka materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru belum dikuasai siswa dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan pada kelas V SDN 1 Sukabumi. Dalam dua kali ulangan hanya 8 orang dari siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi sebesar 70% ke atas pada mata pelajaran IPA. Selama pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur yang digunakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui tes untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan contoh konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar atau nilai rata-rata siswa menjadi lebih baik, semua siswa mengalami kenaikan nilai awalnya pada siklus I nilai rata-rata siswa 5.03, pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 6,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 8,2. Kata Kunci : Aktivitas dan hasil belajar IPA.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:17 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14705 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |