(PENELITIAN TINDAKAN KELAS) PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKABUMI

1013069012, ASWIDA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKABUMI. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (62Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR pustaka.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan 2.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pembelajaran yang berhasil ditujukan oleh tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai yang diperoleh siswa sudah mencapai standar ketuntasan minimal. Maka siswa dianggap sudah menguasai materi pelajaran dengan baik. Namun bila nilai yang di peroleh siswa masih belum mencapai standar ketuntasan minimal maka materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru belum dikuasai siswa dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan pada kelas V SDN 1 Sukabumi. Dalam dua kali ulangan hanya 8 orang dari siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi sebesar 70% ke atas pada mata pelajaran IPA. Selama pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur yang digunakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui tes untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan contoh konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar atau nilai rata-rata siswa menjadi lebih baik, semua siswa mengalami kenaikan nilai awalnya pada siklus I nilai rata-rata siswa 5.03, pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 6,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 8,2. Kata Kunci : Aktivitas dan hasil belajar IPA.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:17
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 02:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir