1013109144, Senorita Putri Wahyuni UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI BAGI SISWA KELAS V SDN 1 WIYONO PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (274Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (269Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (377Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (266Kb) |
||
|
File PDF
cover.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (3768b) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (4092b) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4089b) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (108Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Wiyono, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan strategi dan media pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM (<60). Persentase siswa yang tuntas belajar <75%. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas V sebanyak 26 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 79%, meningkat menjadi 83% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 64, meningkat menjadi 76 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 69% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 92% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran khususnya IPA. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Kata kunci: Aktivitas dan hasil belajar IPA, Inkuiri
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:03 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14825 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |