1013109149, Sri Arum Ardani Ningsih (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TANJUNGREJO KECAMATAN NEGERIKATON KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Digital Library.
|
File PDF
BAB II.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (266Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (177Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tanjungrejo, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan model pembelajaran STAD . hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih di bawah KKM <68. Persentase siswa yang tuntas belajar <80%. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus mengikuti 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas V sebanyak 32 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ditemukan fakta bahwa model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan Pesawat Sederhana pada setiap siklusnya. Dengan rincian peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 60%, meningkat menjadi 88% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 69, meningkat menjadi 86 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 66% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 93% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan model pembelajaran STAD dalam pemebelajaran khususnya IPA. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Kata kunci : Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD)
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:03 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14828 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |