PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 1 MATARAM GADINGREJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013119056, SARTI (2012) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 1 MATARAM GADINGREJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (238Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (219Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (408Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (264Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa kelas III SD N 1 Mataram Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, khususnya dalam Pembelajaran Tematik. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai alat peraga yaitu menanam jagung, karena diyakini mampu mempermudah dan menjelaskan tema lingkungan. Tujuan dari penelitian ini telah melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas III SD N 1 Mataram pada Pembelajaran Tematik. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim dikenal dengan Classroom Action Researh, dan dilaksanakan 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kreativitas siswa dalam mengikuti Pembelajaran Tematik semakin meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata 48,25, siklus II nilai rata-rata 69,00, siklus III nilai rata-rata 86,25. Terjadi peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 20,75 %. Sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar 17,25. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan tema lingkungan melalui model Pembelajaran Tematik dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, karena dalam proses pembelajarannya siswa terlibat secara aktif dan kreatif. Kata kunci: peningkatan, kreativitas, belajar

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 04:04
Terakhir diubah: 26 Nov 2015 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir