1013119056, SARTI (2012) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 1 MATARAM GADINGREJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (219Kb) |
||
|
File PDF
bab 3.pdf Download (408Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (264Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa kelas III SD N 1 Mataram Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, khususnya dalam Pembelajaran Tematik. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai alat peraga yaitu menanam jagung, karena diyakini mampu mempermudah dan menjelaskan tema lingkungan. Tujuan dari penelitian ini telah melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas III SD N 1 Mataram pada Pembelajaran Tematik. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim dikenal dengan Classroom Action Researh, dan dilaksanakan 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kreativitas siswa dalam mengikuti Pembelajaran Tematik semakin meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata 48,25, siklus II nilai rata-rata 69,00, siklus III nilai rata-rata 86,25. Terjadi peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 20,75 %. Sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar 17,25. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan tema lingkungan melalui model Pembelajaran Tematik dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, karena dalam proses pembelajarannya siswa terlibat secara aktif dan kreatif. Kata kunci: peningkatan, kreativitas, belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:04 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14854 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |