1013127005, Aminah (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SINAR SEMENDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (308Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (458Kb) |
||
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL JUDUL.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (262Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan pemahaman matematika siswa selama proses pembelajaran. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (60) berdasarkan hasil ulangan harian baru mencapai 35%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo yang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa evaluasi tertulis dan observasi. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan instrumen observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dan II berturut-turut sebesar 50% (kurang aktif) dan 80% (aktif). Dan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II berturut-turut sebesar 45% dan 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo pada pembelajaran Matematika. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, aktivitas siswa, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:06 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14875 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |