1013127005, Aminah (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SINAR SEMENDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
Text
bab 1.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (308Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (458Kb) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL JUDUL.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (262Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan pemahaman matematika siswa selama proses pembelajaran. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (60) berdasarkan hasil ulangan harian baru mencapai 35%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo yang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa evaluasi tertulis dan observasi. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan instrumen observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dan II berturut-turut sebesar 50% (kurang aktif) dan 80% (aktif). Dan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II berturut-turut sebesar 45% dan 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sinar Semendo pada pembelajaran Matematika. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, aktivitas siswa, hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:06 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14875 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |