1013137001, Abdul Karim (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL (PTK pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sumberrejo Tahun Pelajaran 2012/2013). Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (485Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (294Kb) |
||
|
File PDF
cover.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (270Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Dari hasil Nilai Ujian Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa nilai rata-rata IPA siswa masih di bawah KKM (60), yaitu sebesar 50. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Sumberrejo Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok kecil mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa aktif pada siklus I sebesar 58,89% (cukup aktif) dan pada siklus II sebesar 71,11 % (aktif). Sedangkan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 38% dan pada siklus II sebesar 90%. Kata kunci : Metode diskusi kelompok kecil, aktivitas siswa, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 02:46 |
Terakhir diubah: | 30 Nov 2015 02:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14876 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |