0813053049, NOVA AMALIA (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH SISWA KELAS V A SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (282Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (3013Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 4.pdf Download (17Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (681Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, ditemukan rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V A SD Negeri 2 Metro Timur salah satunya Disebabkan oleh siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan dari nilai ratarata ujian semester ganjil yang mencapai 49,40, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan ≤60. Oleh karena itu, perlu perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model cooperative learning teknik make a match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning teknik make a match memperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 46,7% (cukup), siklus II 60,53% (baik), dan siklus III 82,07% (sangat baik). Sementara rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 58,15 (sedang), siklus II 70,11 (tinggi), dan siklus III 82,96 (sangat tinggi). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa didukung uji perbedaan hasil tes formatif dengan menggunakan t-tes, didapatkan hasil thitung (Siklus II-III) = 8,290 > ttabel hitung( Siklus I-II) = 7,056 > t = 2,056, pada ketentuan α = 0,05. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model cooperative learning teknik make a match siswa kelas V A SD Negeri 2 Metro Timur tahun pelajaran 2011/2012
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 04:59 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 04:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14950 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |