1013109154, SUJARI (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN 5 CIPADANG KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (414Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (415Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PRAKATA.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (2070Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (484Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 5 Cipadang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1)perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas II sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 62%, meningkat menjadi 84% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 68, meningkat menjadi 92 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 70% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 95% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan model STAD dalam pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 04:55 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 04:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14954 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |