1013119150, MUNTOFINGAH (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE BERMAIN PERAN KELAS IV SDN 5 WONODADI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TP. 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (171Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
PTK MUNTOFINGAH.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (934Kb) |
||
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK),dan dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan penelitian, kemampuan siswa menyampaikan pesan melalui telepon masih rendah atau belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 62,00. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia, khususnya kompetensi dasar menyampaikan pesan melalui telepon dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Wonodadi Kecamatan Gadingrejo TP. 2011/2012, dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang terdiri atas 12 lakilaki dan 8 perempuan. Hasil penelitian kemampuan menyampaikan pesan melalui telepon, setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 57,50 dengan persentase ketuntasan 30%, siswa yang mencapai KKM 6 siswa dan yang tidak mencapai KKM 14 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 74,25 dengan persentase ketuntasan 80%, siswa yang mencapai KKM 16 siswa dan yang tidak mencapai KKM 4 siswa. Dari kedua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa menyampaikan pesan melalui telepon. Peningkatan nilai ratarata dari siklus I ke siklus II 16,75, peningkatan persentasenya 50%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 10 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II, bahwa metode bermain peran yang diterapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar menyampaikan pesan melalui telepon pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:15 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15105 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |