0713053020, DICKY VERNANDO (2012) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SD N 01 TAMAN CARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (565Kb) |
||
|
File PDF
cover.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengantar.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN 01 Taman Cari. Tujuan dari penelitian ini ialah melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD N 01 Taman Cari dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika dengan materi bangun datar. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikenal dengan Classroom Action Research, dan dilaksanakan III siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, serta analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) dalam menyelesaikan soal cerita, pada siklus I ialah 59,92%, siklus II 72,14%, dan pada siklus III 83,11%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat (12,22%) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (10,97%). Begitu pula dengan hasil belajar matematika siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I, II, dan III, serta rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 64,52%, siklus II sebesar 77,42% sedangkan pada siklus III sebesar 83,88%, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (7,9%), sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar (6,46%). Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru dalam mata pelajaran Matematika hendaknya dapat menerapkan metode bermain peran (role playing) dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika dengan materi bangun datar agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci : metode bermain peran, aktivitas belajar, hasil belajar, bangun datar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:14 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15127 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |