UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN TAPLAK DI TK INSAN MANDIRI

AISYAH NUR SUCIATI, 1213254001 (2015) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN TAPLAK DI TK INSAN MANDIRI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang huruf pada anak usia dini belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui permainan taplak. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan, yakni : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi, yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data digunakan tehnik observasi dengan panduan instrument observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif.kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan taplak dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf. Peningkatan kemampuan mengenal lambang huruf dapat terlihat dari yang semula kemampuan mengenal lambang huruf pada siklus I hanya 30,00 persen. Pada siklus II meningkat menjadi 50,00 persen dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 74,00 persen. Dengan demikian maka pembelajaran melalui bermain taplak dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada Anak Usia Dini. Kata kunci: lambang huruf, permainan taplak.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 8639412 . Digilib
Date Deposited: 03 Dec 2015 07:40
Last Modified: 03 Dec 2015 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item