0723011075 , Sri Siami PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MELALUI SUPERVISI KLINIS PADA TK NEGERI PEMBINA METRO UTARA. Digital Library.
|
File PDF
abstract.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (496Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (230Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengantar.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian adalah : (1) untuk menghasilkan desain supervisi klinis yang tepat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, pelaksanaan supervisi klinis di TK Negeri Pembina Metro Utara, serta mengetahui bagaimana peningkatan kompetensi pedagogik guru setelah di supervisi klinis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan 3 siklus. Siklus I hingga siklus III dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru TK Negeri Pembina Metro Utara yang berjumlah 8 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) desain supervisi klinis dilakukan dengan tahapan pra pengamatan, pengamatan, analisis pengamatan, pertemuan setelah pengamatan, evaluasi hasil pengamatan. (2) Proses pelaksanaan supervisi klinis dilaksanakan melalui 3 siklus tindakan, setiap siklusnya terdiri dari 5 langkah. merumuskan kesepakatan, menyusun perencanaan, melaksanakan proses pembelajaran, melakukan observasi dan merefleksikan data dan fakta hasil observasi, diskusi/balikan, dan merancang siklus berikutnya. (3) pencapaian kompetensi pedagogik guru pada siklus 1 di dapatkan rata-rata pencapaian kompetensi dengan nilai 2 (cukup) 2 guru dan 5 orang guru dengan kompetensi lebih dari cukup, siklus 2 rata-rata pencapaian kompetensi dengan nilai 3 ( baik) sebanyak 1 guru, dan 4 guru lainnya memiliki nilai lebih dari cukup dan 3 orang nilai 2 (cukup) dan pada siklus ke 3 rata-rata pencapaian kompetensi dengan nilai 4 (sangat baik) sebanyak 3 guru, dan 5 guru lainnya memiliki nilai di atas 3 (baik). Kata kunci: kompetensi pedagogik, supervisi klinis. The research objective is: (1) to generate the proper design of clinical supervision in improving teachers 'pedagogical, implementing clinical supervision in kindergarten Pembina State of North Metro, and to know how to increase teachers' pedagogic competence after in clinical supervision. The method used in this study is action research school with 3 cycles. I cycle to cycle III implemented a collaborative approach. Subjects were kindergarten teachers Pembina State of North Metro, amounting to 8 teachers. Data collection techniques used are observation, the data were analyzed with descriptive qualitative analysis. The conclusion of this study was (1) the design of clinical supervision is done by a pre observation, observation, observation analysis, meeting after the observation, evaluation observations. (2) Implementation of clinical supervision collaborative approach with the ability of the teacher in preparing RKH implementation and evaluation of learning. (3) Achieving competence pedagogic cycle 1 teachers in getting the average achievement of competencies to the value 2 (fairly) 2 teachers and 5 teachers with more than enough competence, cycle 2 the average achievement of competencies to the value of 3 (good) by 1 teachers, and 4 other teachers have more than enough and the value of 3 people value 2 (fairly) and the third cycle the average achievement of competencies with a value of 4 (very good) as much as 3 teachers, and 5 other teachers have values above 3 (well). Keywords: pedagogic competence, clinical supervision.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 09:01 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 09:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15325 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |