0743023006, Arini Mariana (2012) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. Digital Library.
|
File PDF
11. Daftar Gambar.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
IV baru.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (335Kb) |
||
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Abstrak.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. COVER 2.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER 1.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMA Persada Bandar Lampung diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan diterapkan metode ceramah diselingi tanya jawab dan latihan soal sehingga siswa kurang dilibatkan langsung dalam menemu-kan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembe-lajaran yang mampu melibatkan siswa dalam menemukan konsep, yaitu pembela-jaran yang bersifat konstruktivisme. Salah satunya adalah model Learning Cycle 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPAI dan XI IPA2 SMA Persada Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbandingan selisih skor posttest dan pretest dengan selisih skor maksimum dan pretest (gain ternor-malisasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan berkomunika-si dan penguasaan konsep kelas eksperimen 0,71 dan 0,46 dan kelas kontrol 0,29 dan 0,38. Berdasarkan pengujian hipotesis, kelas dengan model Learning Cycle 3E memiliki keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep yang lebih ting-gi dari kelas dengan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berko-munikasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia dibandingkan pembela-jaran konvensional. Kata kunci: model Learning Cycle 3E, keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 08:58 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 08:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15374 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |