0743023029, Khairiah Nur Islami EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
metode penelitian.pdf Download (394Kb) | Preview |
|
File PDF
pembahasan.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (473Kb) |
||
|
File PDF
PENDAHULUAn baru.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TinjauAn pustaka.pdf Download (320Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4009b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (3690b) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (115Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di SMA YP Unila Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajar-an yang paling sering digunakan adalah metode ceramah dengan media berupa tampilan microsoft office powerpoint yang berisi point penting materi yang akan diajarkan. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep hukum-hukum dasar kimia serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model Learning Cycle 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E dalam meningkatan penguasaan konsep pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung semester ganjil Tahun 2011-2012 dengan kelas X7 dan X10 sebagai sampel. Metode Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasar-kan N-Gain yaitu perbandingan selisih skor pretest dan postest dengan selisih skor maksimal dan pretest. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,392 dan 0,503. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas yang diterapkan model Learning Cycle 3E memiliki penguasaan kon-sep yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang diterapkan pembelajaran konven-sional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran hukum-hukum dasar kimia dengan model Learning Cycle 3E lebih efektif terhadap penguasaan konsep siswa. Kata kunci : Pembelajaran dengan model Learning Cycle 3E, penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 08:58 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 08:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15381 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |