UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SDN BRAJA ASRI KECAMATAN WAY JEPARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

07130563002, ANITASARI (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SDN BRAJA ASRI KECAMATAN WAY JEPARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - dftar tabel.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul e.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan dan rekomendasi.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan e-TA bab I-III a.n anitasari.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] Text
Laporan e-TA bab IV dan V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135Kb)
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak

Kurang variatifnya metode pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Braja Asri terutama kelas IV menyebabkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menjadi rendah. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpula data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan akttivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkkan dengan presentase siswa aktif pada siklus I sebesar 66,3 % menjadi 75,2 % pada siklus II serta kenaikan rata-rata nilai siswa dari 66,9 pada siklus I menjadi 72,3 akhir pada siklus . Mengacu pada temuan-temuan hasil ini, maka dapat direkomendasikan bahwa: (a) penerapan metode eksperimen dapat menjadi salah satu alternatif bagi rekan sejawat di tempat tugas masing-masing dalam melakukan pembelajaran di kelas, (b) pihak sekolah agar dapat memberikan perhatian maksimal terutama pengadaan sarana dan prasarana pendukung agar penerapan metode eksperimen atau metode yang lain dapat dilaksanakan oleh guru dengan lebih baik lagi.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:52
Last Modified: 14 Dec 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15502

Actions (login required)

View Item View Item