07130563002, ANITASARI (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SDN BRAJA ASRI KECAMATAN WAY JEPARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover - dftar tabel.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul e.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan dan rekomendasi.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Laporan e-TA bab I-III a.n anitasari.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
File PDF
Laporan e-TA bab IV dan V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (135Kb) |
||
|
File PDF
PENDAHULUAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kurang variatifnya metode pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Braja Asri terutama kelas IV menyebabkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menjadi rendah. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpula data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan akttivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkkan dengan presentase siswa aktif pada siklus I sebesar 66,3 % menjadi 75,2 % pada siklus II serta kenaikan rata-rata nilai siswa dari 66,9 pada siklus I menjadi 72,3 akhir pada siklus . Mengacu pada temuan-temuan hasil ini, maka dapat direkomendasikan bahwa: (a) penerapan metode eksperimen dapat menjadi salah satu alternatif bagi rekan sejawat di tempat tugas masing-masing dalam melakukan pembelajaran di kelas, (b) pihak sekolah agar dapat memberikan perhatian maksimal terutama pengadaan sarana dan prasarana pendukung agar penerapan metode eksperimen atau metode yang lain dapat dilaksanakan oleh guru dengan lebih baik lagi.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:52 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15502 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |