HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN MENGAJAR, DAN KEMAMPUAN PEDAGOGIS DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KOTA METRO

, I NYOMAN ALIANA (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN MENGAJAR, DAN KEMAMPUAN PEDAGOGIS DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KOTA METRO. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
HALAMAN HALAMAN MUKA.pdf - Published Version

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf - Published Version

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAA1.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI BARU.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (249Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara motivasi berprestasi, disiplin mengajar, dan kemampuan pedagogis dengan kinerja guru SMA swasta Kota Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi diambil dari seluruh guru SMA Swasta yang ada di Kota Metro, yang memiliki status terakreditasi minimal ”B”, dengan jumlah sampel sebanyak 60%. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Korelasi Product-Moment Pearson dilanjutkan dengan regresi linear sederhana dan analisis regresi berganda melalui uji F dan uji t pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Motivasi berprestasi berhubungan signifikan dengan kinerja guru SMA Swasta Kota Metro dengan korelasi sebesar 0,895 dan koefisien regresi X1 sebesar 0.724, didukung nilai t hitung 31,059, t table 1,655 (th = 31,059 > tt = 1,655). (b) Disiplin mengajar berhubungan signifikan dengan kinerja guru SMA Swasta Kota Metro dengan korelasi sebesar 0,873 dan koefisien regresi X2 sebesar 0.734, didukung nilai t hitung 24,852, t tabel 1,655 (th = 24,852 > tt = 1,655). (c) Kemampuan pedagogis berhubungan signifikan dengan kinerja guru SMA Swasta Kota Metro dengan korelasi sebesar 0,869 dan koefisien regresi X3 sebesa r 0.714, didukung nilai t hitung 24,855, t tabel 1,655 (th = 24,855 > tt =1,655). (d) Motivasi berprestasi, disiplin mengajar, dan kemampuan pedagogis secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan kinerja guru SMA Swasta Kota Metro dengan nilai F hitung 225,407 sementara F tabel pada α 5% (n-k- 1); (k-1) atau (145-1); (4-1) sebesar 2,44 (Fh = 225,407 > Ft = 2,44). Secara berurutan variable yang berkontribusi dengan kinerja guru adalah variabel motivasi berprestasi merupakan variabel yang berkontribusi paling besar terhadap kinerja guru (R Square = 0,801), kemudian diikuti oleh variabel disiplin mengajar (R Square = 0,762), dan variabel kemampuan pedagogis (R Square = 0,756). Kata kunci : Motivasi berprestasi, disiplin mengajar, kemampuan pedagogis, kinerja guru.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 May 2014 04:22
Last Modified: 09 May 2014 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item