0713056212, RIZWANDA (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DI SD PERINTIS 2 PEMATANG SAWA. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (130Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya prestasi belajar siswa kelas VI SD Perintis 2 Pematang Sawa pada mata pelajaran Matematika, diduga karena kurang bervariasinya metode belajar dan perhatian siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama materi operasi hitung pecahan pada mata pelajaran matematika. Metode mengajar yang diterapkan yaitu metode kerja kelompok. Metode penelitian diterapkan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan tes akhir, sedangkan pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode kerja kelompok di kelas VI dapat menigkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung pecahan yang ditunjukkan dengan persentase siswa aktif dari siklus pertama sebesar 57,14 % meningkat menjadi 81,42 % pada siklus kedua. Pembelajaran dengan menerapkan metode kerja kelompok di kelas VI pada mata pelajaran matematika dapat mempermudah siswa untuk memahami suatu konsep yang sedang dipelajarinya. Penerapan metode kerja kelompok di kelas VI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika terutama materi operasi hitung pecahan, hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah persentase siswa yang tuntas pada setiap siklusnya dari 64,28 % pada siklus pertama dan meningkat menjadi 85,71 % pada siklus kedua. Kata Kunci : Kerja Kelompok, Prestasi Belajar Matematika
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:49 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15642 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |