PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DI SD PERINTIS 2 PEMATANG SAWA

0713056212, RIZWANDA (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DI SD PERINTIS 2 PEMATANG SAWA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DEPAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (130Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya prestasi belajar siswa kelas VI SD Perintis 2 Pematang Sawa pada mata pelajaran Matematika, diduga karena kurang bervariasinya metode belajar dan perhatian siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama materi operasi hitung pecahan pada mata pelajaran matematika. Metode mengajar yang diterapkan yaitu metode kerja kelompok. Metode penelitian diterapkan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan tes akhir, sedangkan pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode kerja kelompok di kelas VI dapat menigkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung pecahan yang ditunjukkan dengan persentase siswa aktif dari siklus pertama sebesar 57,14 % meningkat menjadi 81,42 % pada siklus kedua. Pembelajaran dengan menerapkan metode kerja kelompok di kelas VI pada mata pelajaran matematika dapat mempermudah siswa untuk memahami suatu konsep yang sedang dipelajarinya. Penerapan metode kerja kelompok di kelas VI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika terutama materi operasi hitung pecahan, hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah persentase siswa yang tuntas pada setiap siklusnya dari 64,28 % pada siklus pertama dan meningkat menjadi 85,71 % pada siklus kedua. Kata Kunci : Kerja Kelompok, Prestasi Belajar Matematika

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:49
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir