0813022006, DIANA SARI (2012) PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA MODEL INKUIRI ILMIAH TEKNIK PICTORIAL RIDDLE DENGAN PEMBELAJARAN ARIAS. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover dalam.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (1199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
menyetujui.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (276Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (296Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (54Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil belajar dan keterampilan proses sains (KPS) siswa dapat ditingkatkan dan lebih baik menggunakan model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle dengan pembelajaran ARIAS. Hasil belajar diukur dari nilai posttest, sedangkan KPS diukur dari pencapaian indikator penilaian KPS yang meliputi: Mengamati, Merumuskan Hipotesis, Merencanakan Percobaan, Melakukan Percobaan Menginterpretasikan Data, Menerapkan Konsep, dan Berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar aspek kognitif dan KPS siswa pada pembelajaran fisika menggunakan model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle dengan pembelajaran ARIAS. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor rata – rata hasil belajar dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test, sedangkan analisis data KPS menggunakan data skor observasi pada proses pembelajaran dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle) sebesar 85,59 (kate- gori sangat baik). Pada kelas eksperimen 2 (pembelajaran ARIAS) diperoleh rata- rata hasil belajar siswa sebesar 78,17 (kategori baik). Berdasarkan hasil per- hitungan diketahui rerata skor KPS siswa pada kelas pictorial riddle sebesar 80% (kategori baik) sedangkan pada kelas ARIAS, diketahui rerata skor KPS siswa sebesar 68,33% (kategori baik). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle lebih efektif digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan KPS dalam pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:58 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15643 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |