NILAI-NILAI KECAKAPAN SOSIAL DALAM HISTORIOGRAFI PENDIDIKAN BARAT MASA HINDIA BELANDA TAHUN 1892 - 1920 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI MTS

, IDA YANI (2011) NILAI-NILAI KECAKAPAN SOSIAL DALAM HISTORIOGRAFI PENDIDIKAN BARAT MASA HINDIA BELANDA TAHUN 1892 - 1920 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI MTS. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
JUDUL TESIS.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT IDA YANI.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak tesis.rtf.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SEMINAR HASIL.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI TESIS.RTF.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img] Text
ISI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (559Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran tesis.pdf - Published Version

Download (348Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah keakuratan tentang perjalanan sejarah pendidikan barat masa Hindia Belanda tahun 1892 – 1920, (2) nilai-nilai kecakapan sosial apa saja yang ada didalam kisah sejarah pendidikan barat untuk bumiputera pada masa Hindia Belanda tahun 1892 – 1920, (3) bagaimanakah relevansi nilai kecakapan sosial dalam kurikulum pendidikan IPS untuk tingkat MTs. Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui keakuratan tentang perjalanan sejarah pendidikan barat oleh pemerintah kolonial Belanda tahun 1892 -1920, (2) untuk mengetahui nilai-nilai kecakapan sosial yang terkandung di dalam kisah sejarah penyelenggaraan pendidikan barat untuk bumiputra oleh Hindia-Belanda tahun 1892 – 1920, (3) untuk mengetahui relevansi nilai-nilai kecakapan sosial dalam kurikulum pendidikan IPS untuk tingkat SMP/MTs Penelitian ini menggunakan, (1) metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan prilaku yang diamati dan, (2) metode pengembangannya menjadi bahan ajar sesuai dengan tujuan kurikulum dengan cara wawancara triangulasi, analisis kritis berdasarkan kurikulum dan diakhiri validasi data terhadap guru-guru MGMP. Kerangka teoritis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah dengan mempelajari sejarah seseorang akan menjadi bijaksana dalam bertindak untuk berbuat sesuatu, sekarang dan yang akan datang dengan berlandaskan masa lampau, sehingga diperlukan pewarisan nilai-nilai untuk mengantisipasinya kepada peserta didik. Oleh karena itu materi pembelajaran sejarah perlu memperhatikan rambu-rambu, nilai-nilai yang ditetapkan dalam kurikulum Kata kunci: Historiografi pendidikan barat, nilai-nilai kecakapan sosial, pembelajaran IPS

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:29
Last Modified: 10 May 2014 05:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item