Yuni Wiyati , 1113033072 (2015) PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (436Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (472Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (296Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (143Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Setiap proses pembelajaran tentunya diharapkan output yang berkualitas. Salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, terutama pada aspek kognitif. Namun, tidak selamanya hasil kognitif yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan atau bahkan lebih rendah dari harapan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa tentu akan menjadi permasalahan bagi guru. Sehingga perlu adanya usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih menekankan kepada kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan yaitu model inquiry. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Time Series Design. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil data pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Besarnya pengaruh yang diberikan model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 0,42 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 5813274 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Dec 2015 03:01 |
Terakhir diubah: | 15 Dec 2015 03:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15719 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |