STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0853031042, SIGIT SUKENDRO STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (381Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (376Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (663Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
JUDUL COVER.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Pagar Dewa dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi model pembelajaran tipe Jigsaw dan tipe Make a match. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 205 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah clutser random sampling. Teknik pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan pengujian hipotesis 2 dan 3 menggunakan rumus t-test dengan rumus sparated varian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Fhitung > Ftabel yaitu (11,377) > (4,085) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Make a match 2. Thitung > Ttabel yaitu (3,605) > (2,086) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang diberikan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Make a match 3. Thitung < Ttabel yaitu (1,452) < (2,086) dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang diberikan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Make a match 4. Fhitung < Ftabel yaitu (1,194) < (4,085) dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran tipe Jigsaw dan Make a match Serta Kemampuan Awal.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:25
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir