0913066002, B a d i a h (2010) PEMANFAATAN MEDIA REKAMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO PADA SISWA KELAS X6 SEMESTER GENAP SMAN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (490Kb) |
||
|
File PDF
5.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN'.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (65Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya kemampuan berbicara, khususnya kemampuan berpidato menjadi permasalahan tersendiri dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi yang tepat, di antaranya pemanfaatan media rekaman. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagamana pemanfaatan media rekaman dapat meningkatkan kemampuan berpidato pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa dengan pemanfaatan media rekaman pidato dan memperbaiki proses pembelajaran berpidato pada siswa kelas X-6. Agar memudahkan siswa dalam berpidato, selain menggunakan media rekaman, juga dalam berpidato menggunakan metode manuskrip atau melihat naskah. Metode berpidato ini diharapkan bisa menjadi latihan yang baik bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. iii Badiah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-6 SMA Negeri 6 tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 34 orang, 20 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Data kemampuan berpidato siswa diambil melalui tes lisan yang berupa tes berpidato. Berdasarkan analisis data pembelajaran sebelumnya penulis melihat kemampuan berpidato siswa masih rendah dengan hasil rata-rata siswa yang tuntas 58,82% atau 20 siswa dan belum tuntas 41,18% atau 14 siswa sehingga penulis merasa perlu untuk dilaksanakannya penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pemanfaatan media rekaman untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas X-6. Pada siklus pertama kemampuan siswa dalam berpidato belum berkembang dengan baik sehingga perlu peningkatan pada siklus berikutnya. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan berpidato siswa secara keseluruhan pada akhir siklus, yaitu 77,79. Pada siklus I siswa yang belum tuntas 35,29% dan yang tuntas 64,71%, dengan rata-rata kemampuan berpidato siswa 69,41% dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa yang belum tuntas adalah 17,65% dan yang tuntas 82,35% dengan nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa 74,78 dengan kategori cukup. Pada siklus III siswa yang belum tuntas 8,82% dan yang tuntas 91,18% dengan nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa adalah 77,79 dan masuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media rekaman pidato dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:15 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15740 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |