PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIK VIPASSANA BHAVANA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BODDHISATTVA BANDAR LAMPUNG

1023011058, SRI UTAMININGSIH PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIK VIPASSANA BHAVANA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BODDHISATTVA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstract.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (386Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3 .pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (322Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (256Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengantar.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian dilakukan untuk: (1) menganalisis desain perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) sistem evaluasi yang dapat meningkatkan mutu hasil pembelajaran Pendidikan, serta (4) hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menggunakan metode yang berorientasi praktik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Bodhisattva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dengan tiga siklus. Siklus I, posisi meditasi yang dipraktikkan ada empat dan guru tidak menggulang kembali demonstrasi. Siklus II, posisi meditasi yang dipraktikkan yaitu hanya satu dan guru meminta salah satu siswa untuk menggulang kembali demonstrasi. Siklus III, posisi meditasi yang dipraktikkan yaitu hanya satu dan guru menggulang kembali demonstrasi dan kemudian meminta salah satu siswa untuk menggulanginya. Data dikumpulkan dari nilai tes dan pengamatan, serta dianalisis secara deskriptif yaitu dengan cara membandingkan hasil belajar siswa pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain perencanaan pembelajaran yang materinya berorientasi praktik adalah dengan menggunakan metode demonstrasi dengan sintak sebagai berikut: (a) memanjatkan doa (b) memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa sebelum pelajaran dimulai (c) Guru mempersiapkan demonstrasi. (d) guru mendemonstrasikan materi (e) guru dan siswa menyimpulkan materi yang didemonstrasikan (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan mutu hasil pembelajaran adalah dengan menerapkan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran (3) sistem evaluasi yang dapat meningkatkan mutu hasil pembelajaran yang materinya berorientasi praktik yaitu dengan menilai ketiga ranah. Penilaian aspek kognitif dengan memberikan tes yang bertbentuk pilihan ganda dengan indikator validitas soal 0,60 dan reabilitas tes sebesar 0,68. Hasil nilai rata-rata aspek kognitif siswa mencapai 80, afektif mencapai 80% dan psikomotor 79,03. (4) Hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi pada materi yang berorientasi praktik yaitu mengalami peningkatan dengan 92% siswa tuntas dalam pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Meditasi, Demonstrasi, aktivitas dan Sistem Evaluasi.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:12
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15801

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir