PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI NASKAH NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI I KEDATON BANDAR LAMPUNG

, Suarti (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI NASKAH NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI I KEDATON BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
cover dll.pdf - Published Version

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf - Published Version

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BabII.pdf - Published Version

Download (198Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BabIII.pdf - Published Version

Download (311Kb) | Preview
[img] Text
BabIV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343Kb)
[img]
Preview
Text
BabV.pdf - Published Version

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran tesis Asli.pdf - Published Version

Download (572Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran belum mencapai nilai ≥ 31, (2) Proses pelaksanaan pembelajaran belum dapat meningkatkan aktivitas siswa mencapai ≥ 75%, (3) Sistem evaluasi belum dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan, (4) Jumlah siswa yang masuk dalam kategori tuntas belum mencapai ≥ 75%. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) kualitas penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) proses pelaksanaan pembelajaran, (3) sistem evaluasi pembelajaran, (4) peningkatan pemahaman isi bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui naskah narasi siswa kelas V SD Negeri I Kedaton Kota Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research). Pada siklus pertama peneliti menggunakan cerita fabel, siklus kedua cerita legende, siklus ketiga cerita mithe. Pengumpulan data menggunakan tes dan panduan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) kualitas RPP yang diamati dengan menggunakan instrumen penilaian APKG I, diperoleh hasil; siklus pertama mendapat nilai 28 (sedang), siklus kedua nilai 32 (baik), dan siklus ketiga nilai 36 (baik sekali), (2) aktivitas belajar siswa kelas V A pada siklus pertama jumlah siswa yang aktif 41,17% (7 siswa) siklus kedua 70,59% (12 siswa) siklus ketiga 94,11% (16 siswa). Pada kelas V B siklus pertama 29,41% (4 siswa) siklus kedua 70,59% (12 siswa) siklus ketiga 80,82% (15 siswa). (3) Sistem evaluasi meng= gunakan bentuk pilihan ganda, dengan tingkat kesukaran soal 0,65 (sedang), daya beda 0,71 (baik). Untuk validitas tes siklus kesatu 0,64, siklus kedua 0,67, dan siklus ketiga 0,72. Reliabilitas soal siklus pertama 0,78, siklus kedua 0,80, siklus ketiga 0,84. (4) Peningkatan pemahaman isi bacaan, di kelas V A dari 17 siswa pada siklus kesatu yang mencapai KKM ≥ 60 ada 35,29% (6 siswa) dengan rata-rata nilai 58,24, siklus kedua yang tuntas 64,7% (11 siswa) rata-rata nilai 63,24, dan siklus ketiga 100% (17 siswa) rata-rata nilai 74,71. Pada kelas V B dari 17 siswa, pada siklus kesatu yang tuntas 23,53% (4 siswa), rata-rata nilai 59,12, siklus kedua 47,05% (8 siswa), rata-rata nilai 63,24, dan siklus ketiga yang tuntas 88,23% (15 siswa), rata-rata nilai 73,82 kategori tuntas. Kata Kunci: Naskah narasi, peningkatan pemahaman isi bacaan.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:49
Last Modified: 10 May 2014 05:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item