, Suarti (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI NASKAH NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI I KEDATON BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Fakultas KIP.
|
File PDF
cover dll.pdf - Published Version Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BabI.pdf - Published Version Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BabII.pdf - Published Version Download (198Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BabIII.pdf - Published Version Download (311Kb) | Preview |
|
File PDF
BabIV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (343Kb) |
||
|
File PDF
BabV.pdf - Published Version Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran tesis Asli.pdf - Published Version Download (572Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran belum mencapai nilai ≥ 31, (2) Proses pelaksanaan pembelajaran belum dapat meningkatkan aktivitas siswa mencapai ≥ 75%, (3) Sistem evaluasi belum dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan, (4) Jumlah siswa yang masuk dalam kategori tuntas belum mencapai ≥ 75%. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) kualitas penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) proses pelaksanaan pembelajaran, (3) sistem evaluasi pembelajaran, (4) peningkatan pemahaman isi bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui naskah narasi siswa kelas V SD Negeri I Kedaton Kota Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research). Pada siklus pertama peneliti menggunakan cerita fabel, siklus kedua cerita legende, siklus ketiga cerita mithe. Pengumpulan data menggunakan tes dan panduan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) kualitas RPP yang diamati dengan menggunakan instrumen penilaian APKG I, diperoleh hasil; siklus pertama mendapat nilai 28 (sedang), siklus kedua nilai 32 (baik), dan siklus ketiga nilai 36 (baik sekali), (2) aktivitas belajar siswa kelas V A pada siklus pertama jumlah siswa yang aktif 41,17% (7 siswa) siklus kedua 70,59% (12 siswa) siklus ketiga 94,11% (16 siswa). Pada kelas V B siklus pertama 29,41% (4 siswa) siklus kedua 70,59% (12 siswa) siklus ketiga 80,82% (15 siswa). (3) Sistem evaluasi meng= gunakan bentuk pilihan ganda, dengan tingkat kesukaran soal 0,65 (sedang), daya beda 0,71 (baik). Untuk validitas tes siklus kesatu 0,64, siklus kedua 0,67, dan siklus ketiga 0,72. Reliabilitas soal siklus pertama 0,78, siklus kedua 0,80, siklus ketiga 0,84. (4) Peningkatan pemahaman isi bacaan, di kelas V A dari 17 siswa pada siklus kesatu yang mencapai KKM ≥ 60 ada 35,29% (6 siswa) dengan rata-rata nilai 58,24, siklus kedua yang tuntas 64,7% (11 siswa) rata-rata nilai 63,24, dan siklus ketiga 100% (17 siswa) rata-rata nilai 74,71. Pada kelas V B dari 17 siswa, pada siklus kesatu yang tuntas 23,53% (4 siswa), rata-rata nilai 59,12, siklus kedua 47,05% (8 siswa), rata-rata nilai 63,24, dan siklus ketiga yang tuntas 88,23% (15 siswa), rata-rata nilai 73,82 kategori tuntas. Kata Kunci: Naskah narasi, peningkatan pemahaman isi bacaan.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PN Literature (General) > Teknologi (General) > Teknologi (General) Teknologi (General) |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 May 2014 05:49 |
Terakhir diubah: | 10 May 2014 05:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1583 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |