0613022023, Dewi Niken Ariyanti (2011) MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DISERTAI MEDIA VISUAL BILINGUAL. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab1.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab2.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab3.pdf Download (358Kb) | Preview |
|
File PDF
bab4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (410Kb) |
||
|
File PDF
bab5.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman persembahan.pdf Download (3660b) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan skripsi.pdf Download (4003b) | Preview |
|
|
File PDF
lembar persetujuan.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (3997b) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (127Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
RSBI dimaksudkan untuk memaksimalkan mutu pendidikan menggunakan bahasa pengantar yaitu Bahasa Inggris dan didukung oleh teknologi dalam pelaksanaannya. SMP Negeri 1 Bandar Lampung memiliki fasilitas dan potensi untuk melaksanakan pembelajaran interaktif, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia sebagai sumber belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe GI yang disertai penggunaan media visual bilingual diterapkan untuk memanfaatkan fasilitas dan potensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara peningkatan dan besarnya peningkatan minat, motivasi, dan hasil belajar fisika siswa materi usaha dan energi kelas VIII – 4 RSBI SMPN 1 Bandar Lampung. Melalui penelitian diketahui bahwa minat siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberi kebebasan kepada siswa untuk memilih sumber belajar dan memberikan sumber belajar yang dapat menarik perhatian siswa. Motivasi ditingkatkan dengan cara member kebebasan kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan. Presentasi yang disajikan adalah hasil kerja siswa dan soal tes yang disesuaikan dengan pengalaman belajar yang mereka alami. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat, motivasi, dan hasil belajar kognitif siswa secara kuantitatif pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis minat belajar diketahui bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa siklus I sebesar 2,01, pada siklus II meningkat sebesar 0,25 menjadi 2,26, dan pada siklus III meningkat sebesar 0,14 menjadi 2,40. Hasil analisis motivasi siklus I adalah 1,90, pada siklus II meningkat sebesar 0,28 menjadi 2,18, dan pada siklus III meningkat sebesar 0,11 menjadi 2,29. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52,71, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 66,67 atau meningkat sebesar 13,96, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa kembali meningkat menjadi 76,25 atau meningkat sebesar 9,58. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe GI yang disertai penggunaan media visual bilingual dapat meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar fisika siswa. Kata Kunci: minat, motivasi, hasil belajar, group investigation
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:23 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15834 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |