PENGARUH INTERAKSI PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR

0713022037, LAILI MAHMUDAH PENGARUH INTERAKSI PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I Laili.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II Laili.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III Laili.pdf

Download (311Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V Laili.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (3882b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Persembahan.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan, proses pembelajaran masih cenderung teacher centered, dimana siswa lebih banyak menerima informasi dari guru, sehingga siswa kurang berinteraksi secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut juga mengakibatkan keterampilan proses sains yang muncul pada saat pembelajaran, yaitu baru kemampuan mengamati. Masih rendahnya keterampilan proses tersebut memberi dampak terhadap hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran ICI. Pembelajaran ini dalam sintaknya berusaha menjadikan siswa untuk berinteraksi secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh interaksi siswa pada pembelajaran ICI terhadap keterampilan proses sains, (2) pengaruh interaksi siswa Laili Mahmudah pada pembelajaran ICI terhadap hasil belajar siswa, dan (3) hubungan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa. Dari penelitian ini, diperoleh data interaksi siswa dalam pembelajaran ICI, keterampilan proses sains dan N-gain hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga data berdistribusi normal dan linier. Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan interaksi siswa pada pembelajaran ICI terhadap keterampilan proses sains siswa sebesar 17,47%, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan interaksi siswa pada pembelajaran ICI terhadap hasil belajar siswa sebesar 16,40%, dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : pembelajaran ICI, keterampilan proses sains, dan hasil belajar. Based on interviews and observations that have been done, the process still tend to be teacher-centered learning, where students receive much more information from teachers, so students are less actively interact in the learning process. That matter also resulted in the science process skills that emerge during learning, namely the new ability to observe. The low skills of the process impact on student learning outcomes. One effort that can assist students in improving science process skills and learning outcomes is by applying the learning ICI. Learning the syntax is trying to make the students to interact actively in the learning process, so as to enhance the science process skills and learning outcomes. This study aims to determine: (1) the influence of student interaction in learning ICI on science process skills, (2) the influence of student interaction in learning ICI on student learning outcomes, (3) the relationship of science process skills on student learning outcomes. From this fieldwork, the data obtained ICI student interaction in learning, science process skills and N-gain learning results are then Laili Mahmudah analyzed using SPSS 17.0, the results of the analysis showed that all three data normally distributed and linear. Furthermore, to test the effect of a test conducted by correlation and regression. The results of this study indicate that (1) there is a significant and positive impact on student learning ICI interaction of science process skills of 17,47%, (2) there are positive and significant influence on student interaction in learning to student learning outcomes ICI for 16, 40% and (3) there is a positive and significant relationship between science process skills on student learning outcomes. Key words: learning ICI, science process skills, and learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:11
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir