PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDING DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA

0713022041, Maylisa Lestari PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDING DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (2182Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (19Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (1350Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (20Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selama ini proses pembelajaran fisika yang dilakukan sering tidak mengajarkan aplikasi fisika serta menggunakan metode belajar yang tidak berganti- ganti. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pembelajaran masih cenderung teacher centered dibandingkan student centered. Sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa dan hasil belajar fisika siswa. Dalam hal ini, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan metode guiding discovery terhadap kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan metode guiding discovery terhadap kemampuan berfikir kreatif, (2) mengetahui pengaruh penerapan metode guiding discovery terhadap hasil belajar fisika siswa, dan (3) mengetahui hubungan antara kemampuan berfikir kreatif dengan hasil belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas ekperimen (kelas X2) dengan jumlah sampel 32 siswa. Data penelitian diperoleh dari pretest-posttest yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 16.0. Sehingga diperoleh data nilai guiding discovery, data nilai kemampuan berfikir kreatif, dan data hasil belajar yang kemudian diolah dengan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode guiding discovery terhadap kemampuan berfikir kreatif sebesar 36.84 %. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh penerapan metode guiding discovery terhadap hasil belajar fisika siswa sebesar 25.30 %. dan (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berfikir kreatif dengan hasil belajar fisika siswa. Kata kunci: metode guiding discovery, kemampuan berfikir kreatif, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:10
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir