0743023002, Agnes Triharwanti (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E (LC 3E) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Digital Library.
|
File PDF
BAB I.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (292Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (278Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAPUS.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1.COVER.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.COVER DALAM.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (59Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMAN 7 Bandar Lampung, pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan pembelajaran dengan guru sebagai pusat pembel-ajaran (teacher centered) dan kurang melibatkan siswanya dalam proses pembel-ajaran. Akibatnya siswa hanya sebatas memperoleh informasi/ konsep saja tanpa dilatih untuk menemukan pengetahuan dan konsep tersebut, siswa kurang dapat berkembang dan menggali potensi dirinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk turut berperan aktif dalam proses penemuan konsep adalah model pembelajaran LC 3E. Model pembelajaran LC 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaina-tion) dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 3E dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi siswa pada materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011-2012 yang tersebar dalam sembilan kelas yaitu X1 sampai X9. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pene-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent control group design. Efektivitas model pembelajaran LC 3E diukur berdasarkan pening-katan N-gain yang signifikan. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran LC 3E memiliki keterampilan klasifikasi siswa yang lebih tinggi daripada kelas dengan pembelajaran konvensional. Dimana rerata N-gain untuk keterampilan klasifikasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 0,504 dan 0,382. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran LC 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi siswa pada materi hidrokarbon. Kata kunci: model pembelajaran LC 3E, keterampilan klasifikasi.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:08 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15872 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |