EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E (LC 3E) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

0743023002, Agnes Triharwanti (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E (LC 3E) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (278Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAPUS.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.COVER.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.COVER DALAM.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (59Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 7 Bandar Lampung, pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan pembelajaran dengan guru sebagai pusat pembel-ajaran (teacher centered) dan kurang melibatkan siswanya dalam proses pembel-ajaran. Akibatnya siswa hanya sebatas memperoleh informasi/ konsep saja tanpa dilatih untuk menemukan pengetahuan dan konsep tersebut, siswa kurang dapat berkembang dan menggali potensi dirinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk turut berperan aktif dalam proses penemuan konsep adalah model pembelajaran LC 3E. Model pembelajaran LC 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaina-tion) dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 3E dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi siswa pada materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011-2012 yang tersebar dalam sembilan kelas yaitu X1 sampai X9. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pene-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent control group design. Efektivitas model pembelajaran LC 3E diukur berdasarkan pening-katan N-gain yang signifikan. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran LC 3E memiliki keterampilan klasifikasi siswa yang lebih tinggi daripada kelas dengan pembelajaran konvensional. Dimana rerata N-gain untuk keterampilan klasifikasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 0,504 dan 0,382. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran LC 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi siswa pada materi hidrokarbon. Kata kunci: model pembelajaran LC 3E, keterampilan klasifikasi.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:08
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir