0813023007, Irma Yunitasari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYEBUTKAN CONTOH DAN MENGEMUKAKAN KESIMPULAN SERTA HIPOTESIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. cover dalam.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. penyetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (307Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkat¬kan keterampilan menyebutkan contoh dan mengemukakan kesim-pulan serta hipotesis pada materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2011-2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Penelitian ini juga menggunakan analisis data secara statistik dengan uji t’ (uji perbedaan dua rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyebutkan contoh untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,62 dan -0,04; dan rata-rata n-Gain keterampilan mengemuka¬kan kesimpulan dan hipotesis untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,29 dan -0,26. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis yang lebih tinggi dibanding-kan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk-kan bahwa pembe¬la¬jaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keteram¬pilan siswa dalam menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Dec 2015 05:27 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2015 05:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15988 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |