EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYEBUTKAN CONTOH DAN MENGEMUKAKAN KESIMPULAN SERTA HIPOTESIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

0813023007, Irma Yunitasari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYEBUTKAN CONTOH DAN MENGEMUKAKAN KESIMPULAN SERTA HIPOTESIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. cover dalam.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. penyetujuan.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (238Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (307Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkat¬kan keterampilan menyebutkan contoh dan mengemukakan kesim-pulan serta hipotesis pada materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2011-2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Penelitian ini juga menggunakan analisis data secara statistik dengan uji t’ (uji perbedaan dua rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyebutkan contoh untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,62 dan -0,04; dan rata-rata n-Gain keterampilan mengemuka¬kan kesimpulan dan hipotesis untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,29 dan -0,26. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis yang lebih tinggi dibanding-kan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk-kan bahwa pembe¬la¬jaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keteram¬pilan siswa dalam menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Dec 2015 05:27
Terakhir diubah: 22 Dec 2015 05:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15988

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir