EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKONSTRUKSI ARGUMEN DAN MEMBERIKAN ALASAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

0813023020, Ari Kurnia Efendi (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKONSTRUKSI ARGUMEN DAN MEMBERIKAN ALASAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Diigtal Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (359Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (435Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Dapus.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1 COVER LUAR fix.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2 PERNYATAAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3 ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4 COVER DALAM.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. PENYETUJUAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9 MOTTO.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10 SANWACANA.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan karakteristik model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam dalam meningkatkan kete¬rampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Gadingrejo semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkonstruksi argumen untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,61 dan 0,35; serta rerata N-gain keterampilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,56 dan 0,29. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan siswa pa¬da materi hidrolisis garam yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbim¬bing lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembel¬ajaran kon¬vensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan pada materi hidrolisis garam. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Keterampilan mengkonstruksi argumen, Keterampilan memberikan alasan

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Dec 2015 05:25
Terakhir diubah: 22 Dec 2015 05:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir