0713023036, Pury Agus Setiawan (2011) EFEKTIFVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAMBASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
M O T T O.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (178Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk medapatkan ting- kat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pem- belajaran berbasis masalah dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keteram- pilan mengelompokkan siswa pada matei pokok asam-basa. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghan- tarkan siswa untuk memahami suatu masalah yang terjadi dan berupaya menyele- saikannya dengan melakukan penyelidikan mandiri dalam interaksi bersama teman-temannya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Natar kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kemampuan kognitif relatif sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternor- malisasi) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembel- ajaran berbasis masalah memiliki tingkat penguasaan konsep dan keterampilan mengelompokkan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam me-ningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengelompok- kan siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 31 Dec 2015 06:29 |
Terakhir diubah: | 23 Mar 2017 07:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16450 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |