EFEKTIFVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAMBASA

0713023036, Pury Agus Setiawan (2011) EFEKTIFVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAMBASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
M O T T O.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (178Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk medapatkan ting- kat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pem- belajaran berbasis masalah dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keteram- pilan mengelompokkan siswa pada matei pokok asam-basa. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghan- tarkan siswa untuk memahami suatu masalah yang terjadi dan berupaya menyele- saikannya dengan melakukan penyelidikan mandiri dalam interaksi bersama teman-temannya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Natar kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kemampuan kognitif relatif sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternor- malisasi) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembel- ajaran berbasis masalah memiliki tingkat penguasaan konsep dan keterampilan mengelompokkan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam me-ningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengelompok- kan siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:29
Terakhir diubah: 23 Mar 2017 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16450

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir