PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 4 BRANTI RAYA

1013079189, Dian Januaresti (2012) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 4 BRANTI RAYA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I Dain.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Gambar.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Tabel.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Kata pengantar Dian.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di SDN 4 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Salah satu media yang dianggap tepat untuk meningkatkan hasil belajar IPS adalah media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data nilai-nilai siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik nontes dilakukan melalui observasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan aktivitas siswa terlihat dari nilai aktivitas prasiklus 63,30 menjadi 67,45 pada siklus 1 dan 69,3 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari nilai hasil belajar prasiklus 53.75 menjadi 58.5 pada siklus 1 dan 63 pada siklus 2. Kata kunci : Media gambar, peningkatan aktivitas, hasil belajar, dan pelajaran IPS

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:29
Terakhir diubah: 31 Dec 2015 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir