PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 CANDIMAS (PTK di SDN 3 Candimas Tahun Pelajaran 2011/2012)

1013079292, Sukesih (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 CANDIMAS (PTK di SDN 3 Candimas Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (153Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengantar.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (178Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aktivitas dan hasil belajar merupakan faktor pendukung suksesnya pembelajaran ketika berlangsung di dalam kelas. Hasil belajar baik jika aktivitas belajar yang dilakukan juga baik. Berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Candimas ternyata aktivitas dan hasil beljar masih sangat kuarang. Dengan demikian perlu perbaikan model atau pendekatan pembelajaran yang mampu memperbaiki aktivitas dan hasil belajar . Subjek perbaikan pembelajaran adalah 30 siswa yang terdiri atas 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi untuk data kualitatif, dengan instrumen test untuk data kuantitatif. Data dianalisis sesuai dengan jenis data, yaitu deskripsi untuk data kualitatif dan akar untuk data kuantitatif. Hasil belajar penelitian pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Kooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 6.8 %, siklus II 8.5% dan siklus III 9.3 %. Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperative tipe jigsaw

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Jan 2016 07:53
Terakhir diubah: 06 Jan 2016 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir