PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KURUNGAN NYAWA GEDONG TATAAN

1013109070, Yusnidawati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KURUNGAN NYAWA GEDONG TATAAN. Diigtal Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (474Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar grafik.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (352Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengantar.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (3634b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kurungan Nyawa masih rendah dikarenakan guru belum menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Hasil dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Dari hasl penelitian diperoleh data kriteria keberhasilan untuk aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada pertemuan 1 diperoleh 66,67% dengan predikat “Sedang” pertemuan 2 diperoleh 73,33% dengan predikat “Tinggi” terjadi peningkatan sebesar 6,66% selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa diperoleh sebesar 78,10% dengan predikat “Tinggi” dan pada pertemuan 2 memperoleh 84,76% dengan predikat keberhasilan “Tinggi” terjadi peningkatan sebesar 18,76%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II yaitu dari 15 siswa (69,42) dengan predikat “Sedang” menjadi 20 siswa (95,23) dengan predikat “Sangat Tinggi” terjadi peningkatan sebesar 23,81. Berdasarkan hasil temuan di atas, media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga peneliti menyarankan kepada guru kelas IV agar menggunakan media gambar terutama dalam pembelajaran IPS khususnya materi keragaman budaya dan suku bangsa Indonesia. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media gambar

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:27
Terakhir diubah: 08 Jan 2016 09:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16616

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir