PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT ISOMORPHIC DAN RUBRIKNYA PADA MATERI HUKUM II NEWTON BERBASIS MULTIREPRESENTASI

Mukhtar, Novita Anggraini (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT ISOMORPHIC DAN RUBRIKNYA PADA MATERI HUKUM II NEWTON BERBASIS MULTIREPRESENTASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (603Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (592Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (218Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (312Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (141Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1149Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa siswa menganggap fisika merupakan pelajaran yang sangat sulit karena terlalu banyak menggunakan rumus-rumus dan pengembangan konsep. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep diketahui oleh guru setelah melaksanakan pembelajaran dan penilaian. Pada materi Hukum II Newton ketika siswa diminta menggambarkan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu sistem ternyata tidak semua siswa mengerti apa yang mereka gambarkan, dan mereka belum mampu menguraikan gaya-gaya apa saja yang bekerja pada sistem tersebut. Guru dalam membelajarkan materi perlu memilih suatu representasi yang ditunjang dengan format representasi lain. Melalui cara ini, membuat siswa lebih mudah dalam memahami suatu konsep dan bisa menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang diadaptasi dari prosedur pengembangan menurut Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional yang disintesiskan dengan prosedur pembakuan instrumen penilaian Novita Anggraini sikap ilmiah. Adapun prosedur pengembangannya sebagai berikut: Analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, pengembangkan produk awal, validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, revisi, uji coba produk dan revisi, Produk akhir. Hasil uji ahli menunjukkan instrumen assessment isomorphic yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian. Tahap pengujian satu lawan satu (one on one) dilakukan terhadap dua orang dosen dan satu guru sebagai pengguna menunjukkan kualitas instrumen penilaian assessment isomorphic : sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. tahap pengujian selanjutnya dilakukan terhadap 36 siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Way Tenong pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada materi Hukum II Newton. Berdasarkan data yang diperoleh melalui uji ini, didapat nilai tertinggi sebesar 93, nilai terendah 60 dan sebesar 86,11 % siswa tuntas KKM. Kata kunci: Pengembangan, Instrumen Assessment Isomorphic, Multirepresentasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 May 2014 01:34
Terakhir diubah: 20 May 2014 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir