0713024003, DWI CHERI LESTARI (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MAHKLUK HIDUP. Digital Library.
|
File PDF
1 COVER DEPAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 ABSTRAK .pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 PERSETUJUAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5 PENGESAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 PERNYATAAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 DAFTAR ISI.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12 DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (334Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (313Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas siswa belum dikembangkan secara optimal, hal ini dikarenakan guru selama ini menggunakan metode pembelajaran yang kurang tepat untuk mengembangkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kusai eksperimental dengan desain pretes postes nonequivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t melalui Dwi Cheri Lestari iii bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model TGT yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model TGT dapat meningkatkan penguasaan materi dengan rata-rata nilai 20,40, nilai postes sebesar 60,39 dan N-gain sebesar 0,09. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati tergolong tinggi, yaitu pada aspek bertanya bernilai sebesar 85,71 %, aspek menjawab pertanyaan sebesar 89,29 %, dan aspek mengemukakan ide/pendapat sebesar 86,90 %. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hal ini sesuai dengan data angket menunjukkan bahwa (100%) siswa merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan kelompok. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi. Kata kunci : Teams Games Tournament, Aktivitas dan penguasaan materi, pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:22 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16790 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |