STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN UMPAN BALIK (FEEDBACK) PADA LEMBAR JAWABAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

, MUSTOFA ABI HAMID (2013) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN UMPAN BALIK (FEEDBACK) PADA LEMBAR JAWABAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3 COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4 HLM PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (597Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5 HLM PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (510Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6 PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (286Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (432Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (6Mb)

Abstrak

Pembelajaran fisika seringkali tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Ketidaktercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) oleh sebagian besar siswa menunjukkan rendahnya penguasaan konsep. Upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa adalah memberikan umpan balik (feedback) pada setiap tes yang dilakukan yang dikombinasikan dengan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diberikan umpan balik (feedback) pada lembar jawaban siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA antara menggunakan umpan balik (feedback) dengan tidak menggunakan umpan balik (feedback), dan (2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep Fluida Statis siswa setelah diberikan umpan balik (feedback). Penelitian dilakukan di Mustofa Abi Hamid SMA Negeri 6 Metro menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 23 siswa dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 26 siswa serta menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA antara menggunakan umpan balik (feedback) dengan tidak menggunakan umpan balik (feedback). Rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA dengan menggunakan umpan balik (feedback) lebih tinggi daripada rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA dengan tidak menggunakan umpan balik (feedback) dan (2) terjadi peningkatan yang signifikan penguasaan konsep siswa setelah diberi umpan balik (feedback) melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dengan kenaikan nilai rata-rata sebesar 22 % dan nilai N-gain rata-rata 0,45 yang termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata nilai penguasaan konsep pada kelas eksperimen yang diberi umpan balik (feedback), yaitu 73,77 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberi umpan balik (feedback), yaitu 55,74 . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep pada siswa yang diberi umpan balik (feedback) dan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata kunci : umpan balik (feedback), model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 20 May 2014 04:26
Last Modified: 20 May 2014 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item